Serial Saripati : Perkenalan Kelas

Episode 1 : Perkenalan Kelas (Etika Bisnis) Hari ini adalah hari senin, hari awal ajaran semester genap di sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di jantung Ibukota. Jam menunjukkan pukul 07.49 pagi. Di beberapa bagian wilayah kampus, sudah cukup ramai oleh kelompok-kelompok mahasiswa dan mahasiswi yang tengah asik berbincang sambil seringkali terdengar gelak tawa dan […]

Kenali Isi Gelasnya

Di Kedai Ketan Susu Karina, Kota Surabaya, Jawa Timur. “Sejak kapan elu demen ketan, cu?” Tanya Gendis keheranan saat mendengar sahabatnya memesan satu porsi ketan susu special. “Ha? Yaa cobain aja sih. Gak suka yaa tinggal bagian elu yang ngabisin ‘kan. Haha.” Jawab Carina enteng sambil cengengesan. Seperti biasa. “Kebiasaan! Kalau emang gak doyan ketan, […]

Biar Subuh Saja Yang Bicara

21 Juni 2013 Waktu subuh berkumandang. Aku tak bergerak dari duduk termenungku setelah aku selesai mengadukan segala keluh kesah kepada Sang Pemilik Raga ini. Wajahku basah sudah sejak satu setengah jam yang lalu dan sesekali air mataku masih menetes hingga saat ini. Entah untuk berapa lama lagi ini berlangsung. Aku masih termenung sambil sesekali menjawab […]

Dua Sekawan di Kedai Derawan

Widi mengaduk-ngaduk sendok kopinya dengan gelisah. Ia melirik jam. Waktu menujukkan pukul 21.35 namun Carina belum juga tiba. “Ini si mangki tumben deh lama banget datengnya.” Batin Widi sambil menyalakan korek dan membakar sebatang rokok untuk yang kelima kalinya. Widi memandang kosong cangkir kopi yang berada persis di hadapannya. Entah apa yang sedang memenuhi pikirannya […]

Dari Luar Kaca

Dahulu, banyak cerita yang aku ketahui tentang dirinya Namun sekarang tak lagi bisa. Sejak ia kembali kepada dirinya sendiri, yang menjadi amat sulit untuk dijangkau juga diterka. Ia begitu berbeda dari yang biasa pahami sebelumnya. Mulai dari pilihan warna pakaiannya, makanan kesukaannya, hingga padu padanan kata juga sekat-sekat reaksinya. Jauh berbeda. Ia bukan lagi wanita […]

Alir – Episode : Sudut Diri (5)

Di sebuah kedai kopi bergaya rustic yang tidak terlalu jauh dari tempat kuliah mereka dulu. “Man, Si Mangki berangkat haji kapan sih?” Tanya Tommy sambil mengetik pesan singkat pada nomor Carina. “Gatau dah. Lo tanya aja coba.” Jawab Arman sambil menyeruput minuman di hadapannya Tommy : Wooii, Mangkiiii. “Cewek lo kagak lo jemput, Man?” Tanya […]

Alir – Episode : Warna Nila (4)

Setelah perahu mereka kembali melipir di Pantai Banyutibo. Condro pun langsung menyibukkan diri melipat tenda dan segala perlengkapan bakar-bakarannya semalam. Sementara Carina hanya diperbolehkan Condro untuk melipat tangan sambil duduk dan memerhatikan Condro dari atas moncong mobil double cabin tersebut. “Aku ngapain nih jadinya?” “Kamu duduk aja disitu. Kamu itu disini hitungannya sebagai tamu aku. […]

Alir – Episode : Banyutibo (3)

Usai membaca dan memaknai catatan harian Carina barusan, nampaknya ekspresi wajah Condro tak secerah beberapa menit sebelumnya. Yang mana tujuan isengnya datang menghampiri Carina hanya karena ingin iseng memotret wajah lusuh Carina yang sedang tertidur pulas lalu untuk menjadi bahan cengannya ketika Carina tersadar nantinya. Condro enggan melanjutkan niat usilnya. Ia menatap wanita yang masih […]

Alir – Episode : Gendis Day (2)

Mobil double cabin hitam Condro pun kini tengah melaju dengan kecepatan 60 km/jam meninggalkan kota Yogyakarta menuju ke arah pesisir pantai selatan di daerah Gunung Kidul, Pacitan, Yogyakarta. Carina begitu menikmati perjalanannya dengan membuka jendela mobil Condro lebar-lebar. Suasana pagi dan senja di pantai adalah dua hal yang begitu ia sukai. Beberapa kali Condro sempat […]

Alir – Episode : Teman Pengganti (1)

Di sebuah kantor yang bergaya modern minimalis yang berlokasi di tengah jalan strategis Ibukota Jakarta. Ponsel Bianca sedari sepuluh menit yang lalu masih saja setia berdering, namun, sang pemilik ponsel justeru sama sekali tak menyadari apalagi mendengar panggilan telepon tersebut. Kesibukannya sebagai Personal Asisstant seorang wakil direktur memang sedang padat-padatnya. Apalagi dengan adanya agenda untuk […]

Angin Rindu – Episode 5

Usul Oditta untuk saling introspeksi pada episode sebelumnya menuai tanggapan yang beragam dari masing-masing temannya. Namun pada akhirnya pun keputusan itu mau tidak mau harus tetap diterima sebagai konsekuensi dari perbedaan aktifitas dan tanggung jawab sehari-hari dan juga perubahan pola pikir mereka. Meski jauh di dasar hati, mereka enggan untuk menjadi berjarak begini, namun, ada […]

Surat Yang Tak Terbuka – Episode 4

Sore hari ini, chat grup di ponsel sedang ramai sekali berdentuman. Dari yang awalnya hanya membahas tentang isu terhangat seputar gosip selebritis hingga akhirnya melebar ke ranah gosip tingkat kecamatan, alias isu dari teman-teman seangkatan jaman sekolah menengah atas mereka dulu. Yang paling berisik luar biasa, tentu saja Alena, Samira dan Nina. Sesekali Rindy pun […]

Kantong Tak Sama – Episode 3

Tak terasa waktu bergulir begitu cepat setelah pertemuan mereka di Teras Café dua tahun lalu. Alena hari ini tampak lebih senewen dari biasanya. Jadwal kunjungan liburannya kali ini bisa dibilang sangat singkat, sehingga ia harus bisa memaksimalkan waktu untuk membagi fisik dan juga waktunya dengan sangat efisien untuk keluarga suaminya, keluarganya dan juga sahabat-sahabatnya. Mengingat […]

Warna Kita Berbeda – Episode 2

Terdengar bunyi panggilan telepon dari ponsel jadul Oditta. Namun karena orangnya masih saja sibuk mengurus tumpukan piring dan gelas kotor, sehingga panggilan yang telah berjumlah dua puluh satu kali itupun menyerah juga untuk terus menghubunginya. “Ish, dasar manusia terkutuk. Susah amat sih dihubunginnya.” Sebal Alena dari sebrang telepon. Lima jam kemudian… Ponsel Oditta kembali berdering. […]

Anjing Peliharaan – Episode 1

Jumat sore merupakan sebuah neraka dunia bagi sebagian besar penghuni Jakarta. Dikarenakan macet yang tiada mungkin dapat dipungkiri oleh semua orang yang hendak bepergian atau pulang ke rumah untuk istirahat atau untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Sore itu Alena sedang pulang ke Jakarta. Ia dan suaminya sedang istirahat sejenak dari kebulan asap Pekan Baru yang […]

Pajangan Masa Lalu

Sabtu Sore. Pukul 15.15 Hampir sepanjang hari dalam sebulan terakhir ini aku habiskan hanya dengan leptop berserta lembaran-lembaran kertas oret-oretan ide saja. Ku susun kesana-kemari alur cerita, plot, masalah utama, masalah pendukung, salah, coret, hapus, robek, tulis lagi dan begitu saja seterusnya hingga kepalaku pening tak karuan. Hingga usai beberapa belas kalimat yang aku rasa […]

Geming

Carina memilih duduk pada sudut ruangan berkaca. Bersama secangkir macchiato dan buku catatan kecil beserta pulpennya, ia terduduk bersama untaian kalimat demi kalimat yang sedang berenang gaya bebas di kepalanya. Mengapung dan menyeruak tak karuan. Berkali-kali dentuman ponsel sentuhnya membekas ditelinga, namun tak jua ia berkeinginan untuk melirik apalagi membalasnya. Satu jam terlewat sempurna. Namun Carina […]

Jendela Hati Si Robot Panda

Hari ini aku menatapnya dari kejauhan. Sambil tak henti-hentinya tersenyum simpul sekaligus sesekali menahan rasa geli bercampur aneh. Mengapa harus ada pengakuan disaat hati dan kenyatan masih perlu di pertanyakan? Namanya Irga. Seorang robot berjenis kelamin lelaki yang sudah sejak lama di dekatkan dengan paksa oleh rekan-rekan kerjaku. Anehnya, ia pun sama sepertiku. Tidak menolak […]

Bara

Namanya Mohammed ‘Ashraf. Ada penekanan khusus pada huruf A di awal kata jika ingin melafalkan namanya dengan benar. Lahir di Gaza, Palestine, 7 Januari 1979. Aku menyukai nama itu. Sejak pertama kali aku membaca, dan mengetahuinya, lalu menyimpannya dalam lemari hatiku. Rasanya aku ingin banyak mencari tahu tentang dirinya. Mendengar lebih lama alunan suaranya yang […]

Cermin Harapan

Dalam setiap nafasnya, manusia diciptakan adalah untuk bersyukur. Bersyukur terhadap semua hal yang telah dianugerahkan dalam dirinya dan yang mengelilingi hidupnya. Nama saya Malik. Saya adalah seorang pemerhati. Namun saya sering kikuk jika balik diperhati. Entahlah. Mungkin karena terlalu lamanya saya menyendiri. Dalam Pekerja Tidak Tetap ini Saya berprofesi sebagai ahli medis. Namun hati saya […]

Cerita Senja

Lima tahun menjalani fase hati yang pincang bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk dihilangkan. Segala pertimbangan untuk menjadi pribadi yang berbeda demi melupakan masa lalu adalah sebuah hal yang diambil dengan berani oleh Mandy. Seorang wanita mandiri yang masih menikmati masa sendirinya dikala hampir semua rekan dan teman dekatnya telah memiliki anak-anak yang telah bersekolah […]

Kamu Adalah Bukan

Kami menjalin cerita telah delapan tahun lamanya. Menjadi sepasang pasangan asik yang selalu berbagi kisah baik senang maupun duka hati. Namun entah mengapa akhir-akhir ini rasanya berbeda. Rasaku tak lagi sama. Entahlah apa yang telah terjadi. Apakah ini jawaban dari ibadah-ibadah sunnahku untuk menjawab lamaran Argan? Orang tuaku sendiri tak tahu dengan hal itu. Mereka […]

Cerita Sang Gelas Kaca

Teruntuk seseorang. Pada suatu acara, terdapat beberapa sajian minuman sore untuk mengisi waktu menjelang kedatangan senja dan malam. Waktu demi waktu, sang minuman dan gelas pun mulai saling mengenal dan saling mengisi satu sama lain hingga akhirnya sang mereka kembali kosong karena suatu sebab. Kemudian ada sebuah minuman baru yang tiba-tiba datang mendekat dan menghampiri […]

Ini Akan Berlalu

Harus begini dulu mungkin alur cerita untuk anak manusia. Dari yang tak dianggap hingga kiriman tinta fitnah yang tak kunjung mereda. Satu persatu longlongan singa mengudara Menyemburatkan untaian sajak  yang sudah dimasak dengan sedemikian rasa. Aku benci bila hanya menggelantungkan nyawa tanpa berbuat Aku benci jika selalu menutup lubang kepekikan senja atas nama maklumat. Entahlah. […]

Menjaga Karena Ingin Dijaga

Aku hanya ingin menjaga sesuatu yang sudah tercipta baik dan terawat. Untuk terus ku jaga hingga nanti kupercayakan pada yang mampu memegang amanah terkuat. .   Bagai bulan yang merindukan embun, aku tak pernah mengerti bagaimana jalan hidupku terurai dalam benang yang mengalun dalam dentum yang tertarih penuh arti. Aku memiliki teman sejak zamanku sekolah […]

Pada Malam

Di sebuah malam yang penuh dengan berbagai sorotan lampu dan kilatan mesin pengambil gambar berkapasitas canggih memenuhi lokasi acara ajang penganugerahaan tokoh dan film Internasional terbaik. Di lokasi yang semakin waktu bertambah pun semakin padati oleh fans fanatik para selebriti idola mereka. Tak mau kalah dalam segi jumlah, paparazzi, reporter dan juga presenter acara infotainment […]

%d bloggers like this: