Di tulisan sebelumnya (yang ini) saya sedikit mengulas pandangan Heraclitus yang secara garis besar membahas tentang  “kita tak lagi sama dengan diri kita di menit sebelumnya, apalagi di waktu yang lebih lampau.” Jadi untuk apa kita terlalu terpaku pada masa lalu, padahal kita sudah bukan lagi kita yang sama seperti saat itu.

Saya belajar memahami ini memang agak lama, ketimbang teman-teman lainnya yang mungkin memang bisa dengan mudah untuk melupakan bahkan hebatnya bisa langsung mengikhlaskan dan langsung move forward ke tujuan berikutnya.

Namun masalahnya, saya tidak dicipta sebagai manusia sehebat itu. Saya sependapat dengan kutipan kalimat dari  Abraham Lincoln yang berbunyi :

I know, I’m a slow walker, but I’m never walk back.” = Saya tahu, saya memang lamban dalam berjalan. Tapi, saya pastikan saya tidak akan lagi berjalan di tempat yang sama.

Begitu kira-kira penafsiran saya pribadi.

Jadi, ketika hari ini saya mulai semakin terang dalam memahami makna kalimat dari Heraclitus yang sudah saya kutip di atas, maka, saya mulai lebih bisa mempercayakan diri saya untuk melangkah bersama dengan pemikiran dan perasaan saya.

Kenapa baru sekarang??

Mungkin begitu pertanyaan lanjutannya.

Jawaban saya pun sudah saya jelaskan di atas.

Yang pada intinya, bagi saya, masing-masing orang memiliki perbedaan daya kemampuan dan waktu penyembuhan untuk pesakitan emosinya tersendiri.

Kebetulan saya bukan tipikal orang yang mudah sekali berkata ikhlas.

Saya akui, itu sulit sekali, apalagi jika di hati masih sering terasa sesak atau sakit, pikiran masih sering teringat apalagi masih sering membahas. Buat saya, itu belum.

Tiap-tiap orang pun memaknai rasa ikhlas pasti dengan caranya sendiri. Kalo saya, mengibaratkannya ya seperti buang ingus aja saat flu atau sinus. Buang di tempatnya (tisu atau handuk) lalu buang atau cuci. Ingusnya kemudian nempel dimana atau bersama dengan apa, itu bukan urusan saya. Urusan saya hanya sekedar melepaskannya pergi dari badan saya. Itu saja.

Suksma,

Dyana Razaly.

18.8.20 // 00.08 wib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: